Assalammu'alaikum Wr.Wb

berbagilah inspirasi dan aspirasi

Senin, 07 Desember 2009

Kurva Indiferen

Kurva indiferen adalah kurva yang menggambarkan berbagai kombinasi dari barang yang dikonsumsi oleh konsumen dengan manfaat atau kepuasan yang sama (Prof.Dr.Soeharno, 2006:40.Misalkan saja konsumen ingin mengonsumsi dua jenis produk yang berbeda kita bisa ambil contoh teh dan susu.Ketika konsumen lebih menyukai susu maka,konsumsi teh lebih rendah daripada susu. Konsumen tetap mendapat kepuasan yang sama dengan total utilitas kombinasi 2 produk tersebut yaitu sebagai minuman yang dapat menyehatkan tubuh. Jika konsumsi susu dikurangi,justru ada peningkatan konsumsi teh.Bila digambarkan bentuk kurva indiferen berslope negatif dalam artian kurva dibentuk dari sisi kiri atas lalu melengkung ke sisi kanan bawah (kira2 ada gambaran?).
Menurut Prof.Dr.Soeharno (2006:43-44) sifat2 kurva indiferen dapat dijelaskan sbb:
1. Terdapat banyak kurva indiferen U1,U2,U3..Un.Susunan kurva indiferen disebut peta indiferen.
2. Kurva indiferen yang letaknya lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.
3. Kurva indiferen mempunyai arah(slope) yang negatif.Apabila konsumen berkeinginan untuk menambah konsumsi barang X maka konsumsi barang Y harus dikurangi untuk mendapatkan kepuasan yang sama.
4. Dua kurva indiferen tidak berpotongan.Kurva indiferen yang tinggi menggambarkan kepuasan yang lebih tinggi.Kalau dua kurva indiferen berpotongan misalnya di titik Z maka berarti kombinasi barang X dan Y yang sama akan memberikan kepuasan yang lebih tinggi.
5. Sesuai dengan sifat (3),kurva indiferen mencekung terhadap titik O.
6. Kemiringan (slope) kurva indiferensi menunjukkan Laju Substitusi Marginal(Marginal Rate of Substitution=MRS).

sumber: Teori Mikroekonomi oleh Prof.Dr.Soeharno,TS.,SU pada tahun 2006

4 komentar:

  1. assalamualakum,,
    bolehkah saya berdiskusi lebih lanjut mengenai manajemen dengan anda,,??
    kalau anda bersedia, anda bisa contak saya
    085750100066

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan langsung saja berdiskusi di forum ni...

      Hapus
  2. Kenapa koq bentuknya cekung di kuadran 1, koq ga garis lurus aj (linear), shg membentuk segitiga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti teorina bhw: "Kemiringan (slope) kurva indiferensi menunjukkan Laju Substitusi Marginal(Marginal Rate of Substitution=MRS)".
      Dimana laju merupakan perubahan kecepatan.Dalam arti secara matematis ini merupakan bukan gerak linear dimana persamaan matematisnya bukan persamaan linear yang memunculkan titik yang terhubung menjadi suatu garis lurus (linear).Krn kemiringannya berupa tingkat substitusi marginal(nilai selisih) maka garis tersebut terhubung dari titik2 hasil marginal (nilai selisih=biasa dilambangkan dengan delta 'tanda segitiga') substitusi suatu brg.Shg mlengkung.

      Hapus