Assalammu'alaikum Wr.Wb

berbagilah inspirasi dan aspirasi

Sabtu, 05 Desember 2009

ANALISIS PENJUALAN BUKU-BUKU ISLAM DISEKITAR KAMPUS UIN SYARIF HIDAYATULLAH

LATAR BELAKANG
Kemajuan bangsa Indonesia tidak lepas dari peran buku-buku sebagai bahan bacaan dan sumber ilmu pengetahuan bagi rakyat Indonesia. Apalagi kalau kita lihat peran buku-buku islam juga membantu dalam memajukan moral bangsa Indonesia. Contohnya novel islam ayat-ayat cinta yang bisa membawa perubahan yang berarti bagi rakyat Indonesia baik muslim maupun non muslim untuk memaknai cinta sesuai moral dan etika baik dan bukannya dengan melakukan seks bebas atau pergaulan bebas.
Dulu buku-buku islam lebih terlihat monoton baik baik dari segi terampilnya maupun isinya. Sehingga tidak banyak orang yang tertarik untuk membacanya bahkan sampai memilikinya. Selain itu, buku-buku islam terkadang terbatas penggunaannya hanya untuk kalangan pelajar-pelajar islam sebagai buku pelajaran.
Kini buku-buku islam yang beredar memiliki nilai lebih dalam menarik para pembacanya disemua kalangan yang tidak terbatas dari segi umur, pendapatan bahkan agama. Buku-buku islam yang beredarpun beragam jenis, judul, tampilan cover dan pembahasannya. Banyak penulis yang juga produktif menghasilkan karya berupa buku-buku islam. Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan buku-buku islam cukup tinggi pada zaman era globalisasi ini.
Kamipun tertarik untuk meneliti dan menganalisa penjualan buku-buku islam ini khususnya di kawasan kampus UIN Syarif Hidayatullah. Buku-buku islam yang kami analisa adalah buku islam umum diluar buku teks/buku wajib/buku pelajaran dan kami memilih kawasan disekitar kampus UIN karena cukup strategis. Di sekitar kampus UIN juga terdapat kampus IIQ, SEBI, dan sekolah-sekolah dari SD/MI sampai dengan SMA/MA. Selain itu penjualan buku-buku islam tersebut termasuk pada persaingan sempurna. Kami mengambil studi kasus pada toko buku islam ”Senyumuslim” di pesanggrahan. Apakah cukup layak bisnis buku-buku islam di sekitar kampus UIN?

BAB 1
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

A. Bentuk Pasar
1. Bentuk pasar dan produsen yang dipilih adalah pasar persaingan sempurna karena tidak terbatasanya jumlah produsen/penjual buku-buku islam yang berada disekitar kampus UIN.
2. Bentuk pasar konsumen yang dipilih adalah dengan mengutamakan pasar konsumen. Dimana buku yang dibeli dalam rangka pemenuhan kepuasan diri sendiri (tidak untuk dibisniskan).

B. Mengukur Permintaan dan Penawaran
1. Mengukur permintaan pasar pada tahun 2008
Q = n . p . q
Ket : Q = total permintaan pasar
n = jumlah pembeli/tahun
p = harga rata-rata satuan
q = jumlah yang dibeli oleh rata-rata pembeli/tahun

Dik : n = 1152 orang/tahun
P = Rp 25000
q = 2 buku
Dit : Q ?
Jwb : Q = 1152 x Rp 25000 x 2
Q = Rp 57600000

C. Segmentasi-Target-Posisi dipasar
Target pasar utama buku-buku islam yang dijual di toko buku islam pada awalnya adalah kampus UIN Syarif Hidayatullah dan kampus-kampus disekitarnya serta sekolah-sekolah disekitarnya. Karena spesifikasi produk yang dijual merupakan spesifikasi produk yang sudah biasa dijual disana. Selain itu, lingkungan masyarakat UIN yang mayoritas muslim memungkinkan produk tersebut laku dijual.
1. Segmentasi pasar
Untuk membedakan banyaknya pembeli buku-buku islam dengan perbedaan dalam hal seperti manfaat dari judul buku yang dicari, tingkat kebutuhan, sikap pembeli dan kemampuan membeli. Maka kami melakukan segmentasi pasar.
a) Geografis
Tingkat kabupaten, jaringan gorontalo
b) Demografis
• Usia : 10-40 tahun
• Jenis kelamin : Perempuan dan laki2
c) Psikografis
• Kelas sosial yaitu pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga.
• Gaya hidup yang konsumtif.
• Kepribadian yang proaktif yaitu mereka yang membeli sudah mengetahui informasi tentang buku yang akan dibeli.
d) Perilaku
Mereka yang sudah membeli di toko buku Senyum Muslim merasa puas sehingga menjadi pelanggan setia.
2. Pasar sasaran
Setelah menentukan segmen-segmen pasar, maka pangsa sasaran yang dituju dalam pemasaran buku-buku islam adalah organisasi-organisasi islam yang ada didalam kampus UIN dan kampus-kampus lain/sekolah-sekolah lain serta didaerah sekitar kampus UIN. Misalnya rohis, ikatan remaja masjid dan organisasi islam lain.
3. Posisi pasar
Berdasarkan diferensiasi produk dan keunggulan kompetitif dari toko buku lain yang sudah ada disekitar kampus seperti hanya mengkhususkan buku-buku islam umum yang dijual bukan buku teks, tidak adanya buku bajakan karena disuplai langsung dari penerbit maka kami menentukan posisi pasar produk ini sebagai produk buku islam yang berkualitas dan bermutu tinggi.

D. Situasi Persaingan Di Lingkungan Toko Buku Senyumuslim
Berikut ini tabel daftar beberapa toko buku terdekat UIN
No Nama Toko Buku Lokasi Rata-Rata Penjualan Keterangan
1. Toko Buku Dinamika Pesanggrahan 5760 buku Yang laris buku teks
2. Toko Buku Pustaka Arif Pesanggrahan 200 buku Yang laris buku Al arabiyah
3. Toko Buku Barokah Ilmu Belakang Masjid Fatullah 8640 buku

E. Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen
Oleh karena pasar konsumen produk buku-buku islam di toko buku Senyumuslim ini adalah organisasi-organisasi islam yang mayoritas kalangan mahasiswa dan pelajar, dengan demikian kajian sikap, perilaku dan kepuasan konsumen lebih kepada kemampuan penjual menyediakan buku-buku islam sesuai dengan umur mereka dan judul-judul yang menarik baik dilihat dalam hal jumlah, terbaru/ter-update,dan kualitas buku-buku islam yang dijual/best seller.

F. Manajemen Pemasarn
Dalam hal manajemen pemasaran, analisis akan megacu pada analisis persaingan dan bauran pemasaran, yaitu mengenai kebijakan produk, harga, promosi dan distribusi. Berikut ini paparannya :
1. Analisis persaingan
Pesaing-pesaing yang terdapat pada tabel sebelumnya dikategorikan sebagai pesaing langsung yang menawarkan buku-buku islam juga. Mereka memiliki target pasar yang hampir sama yaitu mahasiswa UIN dan sekitarnya. Sebenarnya kalau dilihat posisi produk mereka dipasar bahwa mereka tidak mengkhususkan menjual buku-buku islam umum saja tetapi juga buku-buku teks kuliah/sekolah. Berarti toko buku islam Senyumuslim punya karakteristik tersendiri yang hanya mengkhususkan menjual buku-buku islam umum saja. Sehingga pembeli tidak rancu dalam memnuhi kebutuhan mereka akan buku-buku islam yang lengkap yang hanya terdapat pada toko buku Senyumuslim. Selain itu juga, toko buku islam Senyumuslim telah membangun jaringan dan sasaran pada organisasi-organisasi islam. Hal ini menunjukan persaingan yang ada tidak begitu berarti yang bagi toko buku Senyumuslim
2. Bauran pemasaran
a) Kebijakan produk
Buku-buku islam yang dijual ditoko buku Senyumuslim tidak ada yang bajakan dan memiliki garansi yaitu jika buku rusak maka bisa ditukar dengan produk lain.
b) Kebijakan harga
Strategi penetapan harga berdasarkan dari harga yang ditetapkan dari penerbit. Selainitu buku-buku islam yang dijual diberikan diskon yang menarik.
c) Kebijakan promosi
Untuk memudahkan pelaksanan penjualan dilakukan usaha promosi. Berikut ini beberapa kebijakan promosi toko buku islam Senyumuslim :
• Promosi tempat penjualan Senyumuslim dengan melakukan:
 Penyebaran dan penempelan brosur ditempat yang ramai lalu lintas orangnya atau di wilayah komunitas muslim.
 Pemasangan iklan d media cetak atau elektronik lokal seperti iklan radio/bulatin jum’at
• Melakukan Bazar/pameran yang berkerjasama dengan :
 Pengurus masjid/remaja masjid/mobil
 Rohis kampus perguruan tinggi
 Rohis sekolah (SMU/SMP)
 Rohis di instansi atau gedung perkantoran (pengajian kantor/pabrik)
 Organisasi islam/massa lainnya
 Majelis ta’lim
 Kanvasing (direct selling)
• Website www.senyumuslim.com
• Penyisiran wilayah di sekitar outlet penjualan
• Mengadakan kegiatan/acara seperti bedah buku baru/best seller melalui penerbit/penulis/ustad,pengajian rutin,ruqyah/bekam seminar/pelatihan dll.
• Menjadi sponsor atau ticket box suatu kegiatan/acara yang potensial pesertanya banyak.
• Mengikuti pameran yang potensial.
• Data base pelanggan melalui card member dan menawarkan buku baru/best seller kepada pelanggan.
d) Kebijakan distribusi
Pendistribusian buku-buku islam dilakukan secara langsung dari penerbit ketoko buku Senyumuslim lalu ke konsumen dengan menggunakan angkutan darat misalnya mobil.

BAB II
ASPEK TEKHNIK DAN TEKHNOLOGI

A. Pemilihan dan Perencanaan Produk
Toko buku Senyumuslim menjual beberapa produk. Namun ada produk yang diutamakan penjualannya. Berikut ini tabel yang menunjukan produk yang lebih baik diutamakan.
Buku Islam/Majalah Obat Herbal Kaset/VCD Accessories Minyak Wangi
Konsumen 7 7 5 4 6
Pasokan 8 8 7 2 5
Transpot 8 4 4 5 0
23 19 14 11 11
Dari tabel tersebut menunjukan bahwa buku/majalah islam mempunyai total nilai yang lebih tinggi daripada produk-produk lain. Maka toko buku Senyumuslim memberikan perhatian lebih pada penjualan buku/majalah islam. Namun, bukan berarti produk-produk lain tidak akan dijual buku/majalah islam.

B. Rencana Kualitas
Kualitas buku-buku islam tergantung pada kualitas penulis dan penerbit. Maka toko buku islam berkualitas baik dan best seller.

C. Pemilihan Tekhnologi
Pada saat ini toko buku Senyumuslim belum memiliki tekhnologi yang berarti dalam penjulan buku-buku islam. Rencananya toko buku Senyumuslim ingin mengadakan komputerisasi operasioanal toko.
D. Perencanaan Letak Toko
E. Perencanaan Tata Letak (Layout)
F. Perencanaan Kapasitas dan Jumlah Penjualan
Kapasitas dan jumlah penjualan buku-buku islam yang mungkin ditawarkan di toko buku Senyumuslim sekitar 500 buku dengan 30 judul dan berjumlah 120 eksemplar.
G. Pengawasan Kualitas Produk
Toko buku Senyumuslim yang memiliki konsumen mayoritas mahasiswa UIN memiliki rencana pengembangan kualitas produk. Diantaranya rencana mau jadi distributor, ada sistem penjualan kredit untuk pelanggan saja, peningkatan promosi, komputerisasi operasional toko, diversifikasi produk penjualan mau ditambah fasilitas klinik kesehatan, perbaikan dan penambahan peralatan toko, Contoh rak buku. Sehungga toko buku Senyumuslim ini memiliki kualitas yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar